Situs Keboireng Pasuruan Mungkin Akan Jadi Destinasi Reruntuhan Candi

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 08:47 WIB
candi keboireng
Ekskavasi Candi Keboireng (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) membuka opsi menjadikan situs Keboireng di Pasuruan sebagai destinasi reruntuhan candi. Opsi ini muncul karena sebagian besar bangunan yang ditemukan sudah mengalami keruntuhan.

"Sementara ini kami fokus total ekskavasi dulu sampai sepuluh hari ke depan. Kami akan buka beberapa kotak galian lagi," kata Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog BPCB Jatim, Rabu (11/3/2020).

Wicaksono mengatakan sementara ini reruntuhan bangunan baik dua perwara maupun kepala Kala yang ditemukan tidak diangkat. Hal itu agar semua temuan bisa ditampilkan secara utuh.

"Kalau pimpinan kami bilang, setelah total ekskavasi, akan dilakukan studi tehnis seberapa mungkin nanti bisa dipugar. Kalau nanti tidak bisa ya tetap seperti saat ini. Atraksi yang ada di Keboireng ini berupa reruntuhan candi. Itu opsinya," terang Wicaksono.

Setelah ekskavasi selesai pihaknya akan melakukan audiensi dengan pihak Pemkab Pasuruan. Pihak Pemprov Jatim juga akan dilibatkan.

"Setelah ekskavasi kami akan audiensi dengan bupati, ke depan bagaimana strateginya untuk Keboireng. Jadi dari pemkab dan kami juga undang pihak pemprov dan kami sebagai perwakilan pemerintah pusat akan duduk bersama. Siapa yang melakukan apa dan seterusnya," terang Wicaksono.

BPCB Jatim melakukan ekskavasi Candi Keboireng, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan pada 3-5 Maret lalu. Ekskavasi dilakukan setelah temuan arca kepala Kala dan dua reruntuhan perwara, Sabtu (29/2). Setelah Ekskavasi awal, akan dilakukan total ekskavasi selama sepuluh hari ke depan.

Candi Keboireng merupakan candi pendharmaan yang diduga kuat peninggalan Majapahit. Candi yang ditemukan pada 1983 ini sudah mengalami keruntuhan. Sebagian besar reruntuhan batu bangunan dan benda-benda yang ditemukan disimpan di Museum Trowulan.

(iwd/iwd)