Warga Trenggalek Diimbau Tak Panik Tangkal Penyebaran Virus Corona

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 16:14 WIB
Ratusan Lansia Ikuti Nikah Massal di Trenggalek
kampanye cuci tangan pakai sabun (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Polisi Trenggalek bersama pemerintah setempat gencar mengkampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menangkal penyebaran virus corona. Salah satunya dengan gerakan cuci tangan yang benar sesuai standar WHO.

Kampanye cuci tangan tersebut digelar di Alun-Alun Trenggalek dengan melibatkan ratusan masyarakat. Secara bersama-sama, warga diajak untuk mengenal enam tahap cuci tangan sesuai dengan standar WHO.

"Edukasi cuci tangan ini kami lakukan melalui cara yang menyenangkan yakni senam bersama. Gerakan dalam senam ini terdapat enam unsur gerakan cuci tangan itu," kata Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, Minggu (8/3/2020).

Cuci tangan merupakan salah satu cara sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk pencegahan penularan penyakit, termasuk virus corona. Pihaknya berhadap dengan pengenalan enam langkah cuci tangan sesuai standar WHO ini, mampu memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.

Menurutnya, antisipasi penyebaran virus corona merupakan tanggung jawab bersama antara unsur pemerintah seluruh elemen masyarakat. Pihaknya optimistis dengan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan diri akan menjauhkan masyarakat dari virus corona.

"Edukasi tentang cuci tangan yang diberikan ini bisa diedukasikan kepada masyarakat yang lain. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun atau menggunakan antiseptik," ujarnya.

Terkait adanya warga Indonesia yang sudah positif terpapar virus corona tidak membuat masyarakat menjadi panik dan melakukan hal-hal yang tidak perlu.

"Jangan sampai ada panic buying, borong masker atau borong kebutuhan pokok. Karena hal itu justru akan membuat barang menjadi langka dan harganya melambung," jelas Calvijn.

Hal senada disampaikan Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin. Menurutnya masyarakat harus tetap tenang, namun senantiasa waspada dengan menjaga daya tahan tubuh.

"Salah satunya dengan cuci tangan seperti ini. Selain itu makan makanan yang bergizi, jangan lupa berolahraga. Yang tidak kalah penting memberi edukasi ke masyarakat yang kain tengang PHBS," kata Arifin.

Kemenkes: 2 Orang Lagi Positif Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)