Gegara Corona, Penjual Jamu Berbahan Rempah di Sidoarjo Banjir Pesanan

Suparno - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 11:32 WIB
Gegara Corona, Penjual Jamu Berbahan Rempah-rempah Kebanjiran Pesanan
Penjual Jamu Berbahan Rempah Kebanjiran Pesanan (Foto: Suparno/detikcom)
Surabaya -

Sejak virus corona masuk Indonesia, masyarakat mulai waspada. Mengkonsumsi jamu berbahan rempah-rempah pun dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh.

Seperti omah jamu, produsen jamu serbuk di Sruni, Gedangan, Sidoarjo. Dengan bahan baku rempah-rempah kini diburu warga. Karena dinilai warga sangat efektif menangkal virus dan menambah kekebalan tubuh.

Rempah-rempah itu di antaranya temulawak, kunyit, dan jahe secang. Varian jamu serbuk ini dibuat Siti Harnanik (31) alias Unick, warga Desa Seruni, Kecamatan Gedangan, dikemas dalam bungkusan seberat 200 gram dan mampu bertahan setahun.

"Setelah ada kabar menyebarnya virus corona, pesanan serbuk jamu ini meningkat. Yang biasanya hanya habis 5 kg rempah-rempah, kini sehari habis 20 kg," kata Siti, kepada wartawan di rumahnya, Sabtu (7/3/2020).

Karena banyaknya pesanan, dirinya kewalahan memenuhi pembuatan serbuk jamu. Sehingga dia mengajak dua sampai tiga tetangga untuk memenuhi pesanan.

Sementara proses pembuatan jamu serbuk ini, pertama kunir dipilah dan bersihkan terlebih dahulu menggunakan air dan disikat. Saat bersih, kunir kemudian dihaluskan menggunakan gilingan.

Selanjutnya
Halaman
1 2