Penipuan Arisan Online dengan Endorser Selebgram dan Artis Terbongkar

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 14:51 WIB
Perempuan berinisial F ditangkap terkait kasus simpan-pinjam dan arisan online. Tersangka dilaporkan para peserta arisan online yang tidak mendapatkan hak mereka.
Jumpa Pers Polda Jatim/Foto: Amir Baihaqi

"Kerugian yang tidak dibayarkan terhadap 4 korban sebesar Rp 50 juta. Dari awal laporan, inilah, ada arisan online yang ini kita akan buka siapa-siapa operasinya," imbuhnya.

Dalam arisan online ini, lanjut Trunoyudo, tersangka menawarkan sejumlah pilihan pembayaran yang bervariasi. Dari harian sampai bulanan. Untuk harian tersangka menawarkan pembayaran mulai Rp 1 juta sampai Rp 4 juta. Sedangkan untuk bulanan, tersangka menawarkan pembayaran Rp 40 juta.

"Bervariatif ada Rp 1 juta per hari. Jadi ini sistem arisannya harian. Ada Rp 2 juta, ada Rp 4 juta. Ada Rp 10 juta. Paling mahal, besar Rp 40 juta yang sifatnya bulanan," tuturnya.


Ia menjelaskan, dalam merekrut peserta arisan online, tersangka diketahui menggunakan jasa para selebgram dan public figure sebagai endorser.

"Kemudian mengapa tersangka bisa mengumpulkan peserta yang banyak tanpa bertemu. Tersangka melakukannya dengan memakai endorse beberapa public figure. Endorse-nya melalui media sosial public figure dengan memberikan taggar ke akun Instagram @cintaputri021510," pungkasnya.


(sun/bdh)