Penipuan Arisan Online dengan Endorser Selebgram dan Artis Terbongkar

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 14:51 WIB
Perempuan berinisial F ditangkap terkait kasus simpan-pinjam dan arisan online. Tersangka dilaporkan para peserta arisan online yang tidak mendapatkan hak mereka.
Jumpa Pers Polda Jatim/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Perempuan berinisial F ditangkap terkait kasus penipuan simpan-pinjam dan arisan online. Tersangka dilaporkan para peserta arisan online yang tidak mendapatkan hak mereka.

"Ada empat laporan. Di mana empat korban melaporkan apa yang dilakukan tersangka dalam arisan online ini, tidak mendapatkan pembayaran," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat (6/3/2020).

"Kemudian pengembangan kita lakukan proses penyidikan. Maka ditetapkan satu tersangka saudari berinisial F ini, selaku admin yang membawahi admin lainnya. Di antaranya di Kota Banda Aceh, Medan dan di Jawa. Antara lain juga termasuk Jakarta," imbuhnya.


Menurut Trunoyudo, simpan pinjam dan arisan dengan sistem online itu sudah dilakukan tersangka sejak 2019. Perputaran uang yang sudah berjalan sebesar Rp 4 miliar lebih.

"Tersangka sudah melakukan sejak 2019 sampai saat ini. Dari saat ini sudah terjadi putaran arisan peserta ini ada Rp 4 miliar lebih," terangnya.