Diendorse Tersangka Carding, Apa Imbalan yang Diterima Ruth Stefanie

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 19:03 WIB
carding ruth stefanie
Ruth Stefanie usai diperiksa selama 7 jam (Foto: Amir Baihaqi/File)
Surabaya -

Polisi menetapkan 4 tersangka dalam kasus carding berkedok tiket travel online yang mengendorse sejumlah selebgram dan artis. Lalu apa saja imbalan bagi artis yang melakukan endorse?

Salah satu selebgram Ruth Stefanie mengaku selama diendorse hanya menerima sebuah voucher hotel di Malaysia. Adapun nilainya sekitar Rp 1 juta.

"Yang diberikan hanya voucher hotel, bukan pesawat. Itu pun satu malam. Di Malaysia. Senilai sekitar Rp 1 juta," ungkap Ruth kepada wartawan, Kamis (5/3/2020).

Menurut Ruth, saat di-endorse ia tidak mengenal sama sekali pihak yang mengendorsenya. Sebab, ia dikontak melalui biodata akun instagramnya.

"Saya di-endorse lewat biodata di instagram. Jadi dia kontak memperkenalkan kalau dia mau mengendorse saya. Saya juga tidak tahu tiket kekinian dan saya tidak mengenal owner-nya," terangnya.

Atas kasus ini, lanjut Ruth, kini ia berjanji akan lebih hati-hati saat menerima tawaran endorse. Terlebih yang ia sendiri tidak mengetahui jelas produk yang akan dipromosikan.

"Pastinya lebih selektif memilih endorse. Dan saya juga nggak asal menerima atau memberikan promosi yang sekiranya saya nggak tahu kebenarannya," tutur Ruth.

Dijelaskan Ruth, selama mempromosikan, ia tidak pernah mengajak teman atau koleganya. Namun ia hanya menyampaikan kepada para followernya melalui media sosialnya.

"Saya kan lewat follower ya. Saya menyampaikan promosi lewat followers saja. Jadi saya tidak rekomen ke teman-teman saya," tandasnya.

(iwd/iwd)