Longsor Sepanjang 300 Meter Ancam Pemukiman di Ponorogo, Warga Mengungsi

Charolin Pebrianti - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 15:10 WIB
longsor di ponorogo
Longsor di Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo - Warga Kecamatan Slahung, Ponorogo, keselamatannya terancam. Sebab lahan Perhutani yang dekat dengan pemukiman warga longsor. Tak tanggung-tanggung longsor yang terjadi Rabu (11/3/2020) tersebut panjangnya mencapai 300 meter.

"Rabu (4/3) kemarin hujan deras, tiba-tiba saya dengar suara, pas dilihat ternyata pohon pinus milik Perhutani roboh, bareng dengan longsoran. Untungnya longsorannya jalan pelan-pelan," tutur salah satu warga setempat Miskun (65) kepada detikcom, Kamis (5/4/2020).

Menurutnya, lokasi tersebut memiliki sumber air sehingga saat hujan deras ada aliran air yang masuk kedalam retakan tanah hingga bisa menyebabkan longsor.

"Retakan tanah itu sudah ada dari tahun 2018 lalu, baru longsor 2020 ini karena hujan deras," ujar Miskun.

Karena lokasi longsoran mendekati pemukiman warga, Miskun bersama belasan warga lain akhirnya memilih mengungsi demi keselamatan.

"Karena takut ada longsoran susulan, kami mengungsi ke rumah saudara," terang Miskun.

Sementara Kades Tugurejo Siswanto menambahkan meski lokasi longsor di kawasan Perhutani, namun hanya berjarak 100 meter dari pemukiman warga.

"Total ada 6 KK dengan 16 jiwa yang mengungsi akibat bencana ini, karena mereka khawatir dengan keselamatannya," imbuh Siswanto.

Siswanto menjelaskan dirinya belum bisa memastikan sampai kapan warganya harus mengungsi sebab melihat kondisi tanah yang berpotensi terjadi longsor susulan.

"Mereka mengungsi ke rumah saudara masing-masing," tandasnya.

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto mengatakan pihaknya sudah melakukan olah TKP sekaligus mengecek lokasi.

"Kita pasang garis polisi supaya masyarakat tidak melintas di kawasan tersebut. Kita juga menempatkan personel dari Polsek untuk berjaga," ujar kapolres.

Tonton juga video Longsor di Bogor Hanyutkan Belasan Makam, Kafan Bergelantungan:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)