RSUD dr Soegiri Lamongan Siapkan Ruangan Khusus Hadapi Virus Corona

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 19:49 WIB
virus corona di lamongan
Ruang isolasi yang disiapkan RSUD dr Soegiri (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

RSUD dr Soegiri Lamongan telah menyiapkan ruangan khusus untuk penanganan pasien yang terserang virus corona. Langkah penyiapan ruangan ini sebagai bentuk antisipasi kepada mereka yang diduga maupun positif mengidap virus Corona.

Direktur RSUD dr Soegiri dr M Chaidir Annas mengatakan ruangan isolasi tersebut terdiri dari ruangan antara dan ruang perawatan. Ruang antara ini, menurut Annas, adalah ruang sebelum kontak langsung dengan pasien yang petugas akan mengenakan pakaian khusus agar tidak terkontaminasi penyakit pasien.

"Mudah-mudahan tidak sampai masuk Lamongan. Tapi kalau pun ada pasien terjangkit atau terduga terjangkit virus corona, kami siap menangani," kata Annas usai menerima kunjungan Forkompimda Lamongan yang melihat kesiapan RSUD dr Soegiri Lamongan terkait virus Corona, Rabu (4/3/2020).

Dikatakan Annas, untuk ruang isolasi yang sudah disiapkan itu adalah ruang Kemuning yang terdiri dari 3 ruangan dengan kapasitas 6 tempat tidur yang juga bisa dikembangkan menjadi 12 tempat tidur.

"Untuk ruangan sesuai standar dengan peralatan sarana dan prasarana cukup memadai. Termasuk peralatan pelindung diri dan sebagainya untuk tim medis yang menangani," ujar Annas.

Selain ruang isolasi, lanjut Annas, RSUD dr Soegiri juga sudah menyiapkan tenaga medis yang mumpuni dalam melakukan penanganan virus corona. Annas mengungkapkan tenaga medis ini tergabung dalam tim khusus yang terdiri dari dokter spesialis paru-paru, dokter spesialis penyakit dalam dan perawat yang siap 24 jam. "Kami sudah persiapkan, tapi harapan kami virus ini tidak sampai masuk ke Lamongan," harapnya.

Bupati Lamongan Fadeli bersama Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf. Sidik Wiyono juga berkesempatan meninjau ruang antara dan ruang isolasi di RSUD dr Soegiri yang sudah dipersiapkan. Bupati, Kapolres dan Dandim beserta rombongan juga menyaksikan simulasi proses penanganan terhadap pasien.

"Saya mengajak agar masyarakat bisa mempunyai kekebalan tubuh dengan banyak-banyak mengkonsumsi minuman tradisional seperti rempah dan empon-empon yang banyak tersedia di sekitar kita," ajak Fadeli.

Usai melihat kesiapan RSUD dr Soegiri dalam menghadapi virus Covid-2019 ini, Kapolres Lamongan bersama Bupati dan Dandim juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah apotek di Lamongan untuk melihat ketersediaan masker dan hand sanitizer. Di salah satu apotek, rombongan berhasil menemukan masih tersedia masker meski tinggal 2 kotak dengan harga Rp 800 perbiji.

"Kami juga telah menginstruksikan Polsek jajaran untuk mengecek ketersediaan masker ini di setiap wilayah masing-masing," terang Harun.

Gegara Corona, Ada 199 Orang ke RSUP Persahabatan Minta Surat Sehat:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)