Ini Alasan Kenapa Pria di Surabaya Tanam Ganja Secara Hidroponik

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 18:21 WIB
ganja hidroponik
Ganja yang ditanam secara hidroponik (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Polisi menggerebek rumah kontrakan di Perum wisma Lidah Kulon Blok A no 95 Surabaya dan mendapati ada 27 tanaman ganja hidroponik. Tersangka bernama Vino mengaku menanam sendiri ganja ini untuk kebutuhannya.

Diresnarkoba Polda Jatim Kombes Cornelis Simanjuntak mengatakan Vino kerap membeli tanaman ganja. Dari daun tersebut, ada sisa biji yang ditanam pelaku dan ternyata tumbuh besar.

"Dia kalau membeli daun ganja itu kan Ada bijinya, sisa biji itu yang dia coba untuk dilakukan penanaman. Berdasarkan pengakuannya. Hasil dari penanaman dia konsumsi sendiri, dari pohon yang ada di depan kita dia sudah dua kali memetik dan dikeringkan dan dipakai, dibakar, dihisap," papar Cornelis di lokasi, Rabu (4/3/2020).

Sementara pelaku, Vino, mengatakan dirinya sering lemas jika tidak mengonsumsi ganja. Dia mengaku sudah kecanduan barang haram ini.

"Saya ndak bisa merasakan sehat kalau tanpa mengonsumsi itu. Seperti saya ketergantungan. Dalam kegiatan sehari-hari kalau saya tidak pakai ini saya lemes," ungkap Vino.

Sebelumnya, Vino menyebut telah tiga tahun mengonsumsi ganja. Pria yang menjual kucing ini mengaku tak ada perbedaan antara ganja yang ia beli dari pengedar dengan ganja menanam sendiri.

"Sudah tiga tahun ini mengonsumsi. Saya lemes kalau endak (konsumsi), jadi saya sering beli. Tapi bedanya sama aja pak," imbuhnya.

Namun, Vino menambahkan jika barang haram ini hanya dikonsumsinya sendiri. "Tidak saya jual. Saya jualnya kucing," pungkas Vino

Simak juga video 4 Pembuat Ganja Sintetis di Surabaya Dibawa ke Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)