Cerita Turiyan soal Alat Bantu Jalan yang Mirip Mobil-mobilan

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 14:18 WIB
Turiyan (47) lahir sebagai laki-laki normal hingga kelas 2 SD. Namun saat bermain di sungai, ia terjepit batu hingga kakinya cacat permanen.
Turiyan (41) saat beraktivitas/Foto: Muhammad Aminudin
Malang -

Turiyan bercerita soal alat bantu yang ia gunakan untuk beraktivitas. Menurutnya alat mirip mobil-mobilan itu lebih nyaman dari pada kursi roda.

Pria 47 tahun itu menyampaikan, dulu keluarganya sempat membelikan kursi roda. Namun saat menggunakan kursi roda, ia yang cacat kaki malah merasa kesulitan dalam beraktivitas.

Turiyan kemudian mencari akal dan membuat kotak kecil dari kayu, sebagai tempat bertumpu pantatnya. Ia juga memasang empat roda sehingga kotak kayu tersebut bisa digunakan untuk mobilitas. Sehingga tampak seperti mobil-mobilan.


Untuk menghindari tubuhnya roboh saat kotak itu berjalan, Turiyan juga membuat tongkat kayu kecil sebagai penumpu lengan sebelah kanan. Sementara telapak tangan kiri menggunakan satu sandal untuk menjalankan kotak kayu.

"Saya buat sendiri kotak ini. Lebih nyaman untuk kemana-mana daripada kursi roda," kata Turiyan penuh bangga, Rabu (4/3/2020).


Turiyan menjadi perbincangan setelah video singkat dirinya sedang beraktivitas diunggah akun Instagram @taubaters. Video tersebut bersumber dari akun @cakbudi_official.

Dalam video tersebut, Turiyan yang tidak bisa berjalan tampak menggunakan alat bantu saat beraktivitas. Ia mengambil sebatang bambu dengan menggunakan alat bantu berjalan yang lebih mirip seperti mobil-mobilan.

Tonton juga Viral Sampah Berserakan saat Raker ASN di Jatim :

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)