Ini Bocoran Jadwal Kehadiran Artis Tersangkut Kasus Carding di Polda Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 12:25 WIB
Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan
Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Sejumlah artis akan dipanggil menjadi saksi kasus pembobolan kartu kredit atau carding di Polda Jatim. Rencananya, selebgram Ruth Stefani dijadwalkan hadir Kamis (4/3).

Sebelumnya, para artis ini menjadi endorser dan mempromosikan akun instagram @tiketkekinian. Akun tersebut menjual tiket yang didapatkannya melalui carding.

"Kalau RS dijadwalkan hadir Kamis," kata Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan kepada detikcom di Surabaya, Rabu (4/3/2020).

Saat ditanya jadwal pemeriksaan artis lain, Gidion menyebut Tyas Mirasih dan Gisella Anastasia berjanji akan hadir pada Jumat (6/3).

"Tyas sama Gisel minta waktu Jumat," imbuh Gidion.

Sedangkan untuk Boy William, Gidion menambahkan rencananya hadir pada Selasa (10/3). Sementara untuk Jessica Iskandar meminta waktu lebih lama karena masih sibuk mengurus ayahnya yang sakit.

"Boy William tanggal 10 Maret, hari Selasa. Jessica Iskandar sudah telepon katanya bapaknya sakit. Minta waktu tanggal 24 Maret. Tapi panggilan kedua sudah kami layangkan," papar Gidion.

Kendati demikian, Gidion menyebut selebgram Awkarin masih belum mengkonfirmasi kapan akan hadir. Namun, Gidion menyebut pihaknya telah melayangkan panggilan kedua pada Awkarin.

"Terus, Awkarin sudah diterima (suratnya) tapi belum konfirmasi kapan hadir," pungkasnya.

Hingga kini, Gidion menyebut pihaknya telah melakan panggilan kedua pada enam dari tujuh public figur yang terlibat. Yakni, Jessica Iskandar, Awkarin, Boy William, Tyas Mirasih, Gisella Anastasia hingga Ruth Stefani. Sedangkan untuk Sarah Gibson, Gidion menambahkan pihaknya belum mengirim surat panggilan.

Sebelumnya, kasus ini bermula dari akun instagram @tiketkekinian yang menawarkan promo tiket pesawat dan hotel. Namun, tiket-tiket tersebut didapatkan dengan melakukan pembelian melalui pembobolan kartu kredit orang lain. Akun ini juga menggandeng sejumlah untuk mempromosikan akun ini.

Carding sendiri adalah sebuah ungkapan terkait aktivitas berbelanja online dengan cara pembayaran transaksi dengan menggunakan kartu kredit orang lain, yang dalam hal ini adalah kartu kredit curian. Artinya, para pelaku carding mencuri nomor-nomor kartu kredit dan tanggal expired datenya yang biasanya didapat dari hasil chatting dan lain-lain.

Simak Video "Top 5: Vitalia Sesha Narkoba, Gisel-Tyas Mirasih Terseret Kasus Carding"

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)