Panik Ada Getaran, Pekerja Loncat dari Lantai 2 Ruko Dekat Jalan Amblas Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 18:11 WIB
ruko ambruk di jember
Ruko di dekat lokasi jalan amblas yang akan dirobohkan (Yakub Mulyono/detikcom)
Jember -

Sebuah getaran sempat menimbulkan kepanikan warga di sekitar lokasi jalan amblas dan ruko ambruk di Jalan Sultan Agung, Jember. Bahkan salah seorang pekerja nekat meloncat dari lantai 2 ruko yang ada di kawasan tersebut.

"Getaran terjadi sekitar pukul 13.10 WIB. Memang sempat membuat panik karena khawatir ruko yang ada di deretan ruko yang ambruk kemarin ikut ambruk," kata salah seorang petugas Satpol PP Jember Suliyanto kepada detikcom, Selasa (3/3/2020).

Salah satu warga yang ketakutan dan panik itu adalah seorang pekerja yang sedang bekerja melakukan pengosongan ruko. Saat itu, pekerja ini sedang melakukan pengosongan barang di ruko yang menjadi kantor sebuah pengacara.

"Namanya Pak Rusdi, warga Kecamatan Gumuk Mas. Saat itu sedang berada di lantai 2 ruko nomor 29. Itu kantor pengacara dan notaris. Saat terjadi getaran, Pak Rusdi sedang mencopot papan nama karena ruko itu termasuk bangunan yang akan dirobohkan," terang Suliyanto.

Begitu merasakan getaran, Rusdi panik dan langsung meloncat dari lantai 2 ruko yang ketinggiannya sekitar 4 meter. Akibat kenekatannya itu, Rusdi dikabarkan mengalami patah tulang.

"Ditolong warga dan langsung hendak dibawa ke rumah sakit. Tapi yang bersangkutan minta dibawa ke ahli pijat tulang yang ada di Kecamatan Balung. Jadi ya dibawa ke sana. Kondisi terakhir seperti apa saya tidak tahu," kata Suliyanto.

Peristiwa getaran itu juga membuat aktivitas pengosongan ruko dihentikan. Mereka takut ruko ambruk seperti yang terjadi sebelumnya di ruko nomor 1 sampai 10. Sedangkan kegiatan pembersihan puing-puing ruko roboh tetap dilanjutkan. Alat berat terus beroperasi mengangkat puing-puing dari bawah.

"Aktivitas (pengosongan ruko) dihentikan. Khawatir tiba-tiba ambruk kayak kemarin," pungkas Suliyanto.

Simak Video "8 Ruko Ambruk karena Jalan Tepi Sungai Ambruk, 2 Alat Berat Dikerahkan"

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)