Dibanding Masker, Risma Sebut Cuci Tangan Lebih Efektif Cegah Corona

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 17:21 WIB
Wali kota risma
Wali Kota Risma (Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Masker banyak digunakan orang untuk mencegah dirinya dari virus Corona. Tapi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mempunyai pandangan lain.

Risma justru mempunyai pandangan bahwa cuci tanganlah yang lebih efektif untuk mencegah virus Corona. Sebab, tangan dapat diusapkan ke mana-mana, seperti muka, hidung, mulut, dan area kulit tubuh lainnya.

Karena itu, bukan masker yang Risma tonjolkan untuk digunakan, melainkan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

"Makanya cuci tangan yang saya genjot, termasuk hand sanitizer. Kuncinya ada di tangan justru," ujar Risma di Tropical Disease Center (TDC) Unair Kampus C Surabaya, Selasa (3/3/2020).

Kini Pemkot Surabaya tengah menyiapkan fasilitas cuci tangan di taman-taman. Risma juga berharap secepatnya bisa selesai.

"Sekolah sudah ada. Salah satunya menjaga imun kita, lingkungan harus bersih, kita siapkan juga untuk minum," kata Risma.

Soal masker, sebenarnya Risma punya banyak. Risma sudah lama menstok masker, bahkan sebelum diumumkannya WNI positif Corona.

"Sebetulnya saya sudah nimbun masker sejak Januari," ungkap Risma.

Risma mengatakan, begitu ada kejadian virus Corona di Wuhan, ia dan Dinas Kesehatan Surabaya langsung menyiapkan stok. Ia juga sengaja tak berbicara agar tidak menimbulkan kepanikan di kalangan warga.

"Sebetulnya ada (masker), saya sudah punya. Nanti kalau harus dikeluarkan, kami keluarkan," tambahnya.

(iwd/iwd)