Risma Anjurkan Konsumsi Empon-empon Tangkal Corona: Makan Soto dan Rawon

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 13:53 WIB
wali kota risma
Wali Kota Risma (Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Sejak Presiden Indonesia Joko Widodo menyatakan dua WNI asal Depok terjangkit virus Corona, masyarakat mulai ketakutan. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau warga tetap tenang dan menjaga kestabilan imun tubuh.

"Saya tidak ingin warga bingung atau resah, maka saya ingin menyampaikan, ada beberapa penelitian yang sudah dilakukan Unair yang tinggal dilanjutkan sedikit. Kita akan tahu secara garis besar dan mendasar virus itu ada di dalam sel dan yang bisa mengeluarkan virus adalah daya tahan tubuh kita," kata Risma di Tropical Disease Center (TDC) Unair Kampus C Surabaya, Selasa (3/3/2020).

Risma menganjurkan kepada warga untuk mengkonsumsi 'empon-empon' atau bumbu rempah. Sebab, empon-empon memiliki kandungan kurkumin yang bisa membuat daya tahan tubuh kuat dan dapat mengeluarkan virus di dalam sel dan sudah terbukti dalam penelitian.

"Corona mudah-mudahan tidak ada di Surabaya, karena semua makan soto dan rawon. Itu bisa digunakan. Karena itu cara hidup sehat, termasuk kebersihan kita," ujar Risma.

Selain itu, warga yang mengalami gejala panas, batuk, pilek, nyeri kepala, dan sesak napas diminta langsung memeriksakan diri ke RS Unair. Sebba, RS Unair telah menyiapkan laboratorium khusus untuk mendeteksi adanya virus Corona.

Bahkan Risma meminta warga Surabaya yang mengalami gejala tersebut tidak takut. Sebab, biaya akan ditanggung oleh Pemkot Surabaya.

"Tidak usah takut untuk biaya, silakan diperiksakan langsung. Unair sudah menyiapkan sarana dan prasarananya. Langsung saja, nggak usah bingung. Begitu merasa nggak enak, curiga, langsung ke RS Unair," jelasnya.

"Posisinya kalau jauh panggil 112, minta diantar, gratis juga. Sudah kami siapkan ambulans khusus dari RS dengan petugas khusus, sudah kami siapkan dengan petugas khusus penanganannya," pungkas Risma.

(iwd/iwd)