Sebelum ke Tanjung Perak, Kapal Pesiar Viking Sun Sandar Dulu di Semarang

Esti Widyana - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 15:59 WIB
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Kapal pesiar Viking Sun akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya 6 Maret dengan penumpang turis mancanegara sekitar 1.600 orang. Penanganan penumpang terhadap ancaman virus corona bila kapal itu tiba di Surabaya tetap dilakukan sesuai prosedur.

Viking Sun sendiri sebelum ke Indonesia, bersandar di Darwin, Australia. Dari Darwin, Viking Sun menuju Indonesia dengan tujuan pertama Labuan Bajo. Saat ini Viking Sun sedang berada di Pulau Komodo.

Humas Pelindo III Regional Jatim Wilis Aji mengatakan penanganan terhadap ancaman corona yang mungkin saja dibawa penumpang dilakukan sesuai prosedur. Menurut Wilis, yang berat penanganannya adalah dari luar negeri ke tujuan pertamanya yakni Labuan Bajo. Ada PR berat dari Darwin yang masuk ke Labuan Bajo.

"Nanti kalau sudah dinyatakan clear di Labuan Bajo, Semarang mungkin effortnya tidak tinggi tapi tetap diperiksa. Sebelum masuk Surabaya KKP juga memeriksa, infonya seperti itu," ujar Wilis kepada detikcom, Senin (2/3/2020).

"Sampai sekarang belum ada pembatalan. Kami nggak tahu lagi, tapi yang jelas persiapan kami jalankan sesuai SOP. Paling banyak peran di KKP, alat screening suhu tubuh alatnya KKP semua," kata Wilis.

Wilis mengatakan, 1.600 penumpang yang ada di Viking Sun terdiri dari 460 awak kru kapal dan 848 penumpang. Saat ini, kata Wilis, Kapal Pesiar Viking Sun sekarang sedang ada di Pulau Komodo. Sedangkan pada 5 Maret ke Semarang dan lanjut ke Surabaya.

"Sebelum ke Indonesia ke Darwin, Australia. Habis dari Surabaya ke Bali," tandas Wilis.

Berita Dunia: Petaka di Kapal Pesiar:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)