Perahu Terbalik di Sungai Brantas, Mesin Mati Gegara Eceng Gondok?

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 15:27 WIB
Perahu penyeberangan Sungai Brantas di Jombang terbalik hingga empat orang hilang. Seperti apa kronologinya?
Lokasi perahu terbalik di Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Perahu penyeberangan berisi 6 orang terbalik di Dam Klaci Sungai Brantas, Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Dua penumpang selamat dalam insiden tersebut.

Salah seorang korban selamat yakni Sukar (54), warga Dusun Klaci, Desa Brodot. Dia naik perahu bersama putrinya, Anista Sugandis atau Anis (18).

Sayangnya Sukar tidak bisa diwawancara karena sedang berduka. Istri dan keluarganya menangis histeris di rumah duka karena sampai saat ini Anis belum ditemukan.


Sebagian keterangan Sukar berhasil digali Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan. Menurut dia, perahu kayu yang dikemudikan Surip (45), warga Dusun Klaci itu mengalami kerusakan mesin. Hingga akhirnya tenggelam di Sungai Brantas, Sabtu (29/2) sekitar pukul 21.30 WIB.

"Kalau informasi dari korban yang selamat itu baling-balingnya tersangkut eceng gondok. Kemudian tidak bisa melaju, kemudian terseret arus," kata Boby kepada wartawan di lokasi kecelakaan, Minggu (1/3/2020).

Akibat matinya mesin, perahu yang seharusnya mengarah ke timur justru terbawa arus Sungai Brantas ke arah utara. Saat kejadian arus sungai ini sedang deras karena usai diguyur hujan.