5 Ribu Personel Amankan Laga Perdana Liga 1 Persebaya Vs Persik

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 16:07 WIB
Kapolrestabes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho
Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Persebaya Surabaya akan melawan Persik Kediri dalam laga perdana Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (29/2). Polretabes Surabaya akan menyiagakan 5 ribu personal untuk pengamanan.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan terkait pengamanan, pihaknya sudah menggelar rapat kerja terkait laga Persebaya Surabaya lawan Persik Kediri. Pengamanan akan dilakukan berlapis.

"Insya allah Liga I yang diselenggrakan di Surabaya aman dan terkendali. Untuk pengamanan besok, kami melibatkan 2.300 perosnel yang ada di ring satu. Tapi itu bukan termasuk PAM jalur, PAM tertutup maupun pengamanan objek vital lainnya. Jadi total dengan pengamanan hari itu ada total 5 ribuan personel," kata Sandi Nugroho kepada wartawan di Polrestabes Surabaya, Jumat (29/2/2020).

Sandi menambahkan pihaknya sudah menggelar rapat teknis terkait pengamanan. Protap pengamanan pengalihan arus juga sudah dibahas

"Insya allah untuk masalah protap gatur lalin (pengaturan lalu lintas) sudah dilakukan. Untuk pagi tidak ada masalah. Siang hari jelang buka gate stadion kami akan mengutamakan yang menuju gate stadion. Dan pada waktu bubaran kami utamakan yang keluar stadion," lanjut Sandi.

Sedangkan untuk pengaturan lalu lintas, Sandi menjelaskan hal tersebut sudah menjadi protap dari Polda Jatim. Jika ada pengamanan sepak bola, polres-polres lain juga ikut terlibat.

"Untuk itu sudah menjadi protap dari Polda Jatim, setiap kali ada pengamanan bola, Polres-Polres sekitarnya akan melakukan kegiatan imbangan. Imbangan berupa sweeping dan filterisasi. Seperti kemarin pertandingan di Sidoarjo kami lakukan filterisasi di Waru dan lainnya," ujar Sandi.

Sandi juga mengimbau kepada masyarakat Kota Surabaya agar menjaga kondusifitas Kota Surabaya dan membuktikan Surabaya menjadi tuan rumah yang baik.

"Harapan kami kepada masyarakat Kota Surabaya, arek-arek suroboyo, bonek, bonita untuk kita jaga, kita buktikan bahwa Surabaya adalah tuan rumah yang baik dalam penyelenggaran sepak bola," tandas Sandi.

(iwd/iwd)