Kemenag Blitar Imbau Biro Umroh Tak PHP ke Calon Jemaah

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 13:18 WIB
Ratusan calon jemaah umroh asal Blitar mengalami penundaan keberangkatan karena Arab Saudi melakukan penyetopan. Lalu ada biro jasa yang menjamin uang jemaah aman dan bisa di-refund.
Kantor Perwakilan Haji dan Umroh Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar -

Ratusan calon jemaah umroh asal Blitar mengalami penundaan keberangkatan karena Arab Saudi melakukan penyetopan. Lalu ada biro jasa yang menjamin uang jemaah aman dan bisa di-refund.

Informasi yang dihimpun detikcom, sebanyak 90 calon jemaah umroh itu akan berangkat menggunakan biro jasa Arminareka Perdana. Kantor biro jasa ini terletak di Jalan Semeru 69-71, Kauman, Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Perwakilan kantor itu, Binti Khifayatin menegaskan, batalnya keberangkatan jemaah umroh bukan karena kesengajaan atau kesalahan dari pihak biro jasa. Binti mengaku, para jemaah bisa memahami persoalan yang terjadi saat ini.

"Apapun kami sampaikan ke jemaah. Allah selalu memberi yang terbaik dan ini bukan kesengajaan dari pihak travel. Ada jaminan uang jemaah aman dan bisa di-refund. Syaratnya seperti biasa, proses 14 hari kerja," jawab Binti saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (28/2/2020).


Binti mengaku, selama Februari ini tidak punya jadwal keberangkatan umroh. Namun di Bulan Maret, perusahaannya akan memberangkatkan dua rombongan. Masing-masing tanggal 5 dan 9 Maret 2020. Keberangkatan kedua rombongan ini akan di reschedule atau dijadwal ulang. Menyesuaikan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi.

"Walaupun di reschedule, jemaah tidak ada uang tambahan. Kami mendapat info, kalau tanggal 14 Maret sudah dibuka kembali pengurusan visa umroh. Nah di tanggal itu kami daftarkan lagi, nanti dapatnya visa tanggal berapa ya itu berangkatnya," jelasnya.

Sementara biro umroh Arminareka Mabror di Jalan Imam Bonjol 76, Sananwetan, pada Februari ini sama sekali tidak memberangkatkan jemaah. Sang pemilik H Syamsul sedang punya hajat.

Simak Video "Ini Hitung-hitungan Total Jemaah Umrah yang Batal Berangkat ke Saudi"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2