Saudi Setop Umroh, 84.855 Jemaah Asal Jatim Terancam Batal Berangkat

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 21:55 WIB
Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Sebanyak 84.855 calon jemaah di Jatim terancam batal umroh dalam waktu dekat. Itu setelah ada kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara kehadiran jemaah umroh dari luar negara untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi mengatakan jumlah itu tercatat per 24 Februari. Dari jumlah itu, kata Ahmad, yang pembayarannya sudah lunas ada 81.944 jemaah.

Berapa lama puluhan ribu kjemaah ini akan tertahan ibadah umrohnya? Ahmad belum bisa menjanjikan dan masih menunggu rapat koordinasi yang dilakukan kementerian.

"Kamoi nunggu rakor kementerian PMK yang melibatkan kementerian agama, kementerian luar negeri dan perhubungan, angkasa pura," kata Ahmad kepada wartawan di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, Kamis (27/2/2020).

Ahmad sendiri meminta jemaah yang umrahnya tertunda agar bisa lebih sabar. Karena ibadah umroh merupakan sunnah yang bisa saja tertunda karena suatu hal.

"Kami mengingatkan normanya, ini hukumnya sunnah, jangan sampai tidak mempertimbangkan. Saya kira mencegah harus ditempatkan pada posisi lebih baik mencegah (corona) dari pada mengobati," ucap Ahmad.

"Kita menunggu, kita doakan virus ini segera terselesaikan. Kegiatan peribadahan bisa berjalan normal. Pesan saya tentu sementara menunggu dulu kebijakannya seperti apa," pungkas Ahmad.

(hil/iwd)