Kanwil Kemenag Jatim Hormati Keputusan Arab Saudi yang Setop Umroh

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:30 WIB
Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi
Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kehadiran jemaah umroh dari luar negara untuk mencegah penyebaran virus Corona. Kanwil Kemenag Jawa Timur menghormati keputusan ini.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi mengatakan penghentian ini merupakan otoritas Arab Saudi. Yang penting, Indonesia bebas dari virus Corona.

"Alhamdulillah Indonesia bebas dari virus itu. Kita hormati kebijakan pemerintah Arab Saudi, itu otoritas mereka," kata Ahmad di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, Kamis (27/2/2020).

Hingga kini, Ahmad Zayadi menyebut ada 84.855 calon jemaah umroh yang terdaftar. Dari data tersebut, yang sudah lunas ada 81.944 jemaah. Namun untuk keberangkatannya, Ahmad mengatakan masih menunggu rapat koordinasi yang dilakukan kementerian.

"Kita nunggu rakor kementerian PMK yang melibatkan kementerian agama, kementerian luar negeri dan perhubungan, angkasa pura," imbuhnya.

Selain itu, Ahmad juga meminta masyarakat untuk bersabar. Karena ibadah umroh merupakan sunnah yang bisa ditunda.

"Kita mengingatkan normanya, ini hukumnya sunnah, jangan sampai tidak mempertimbangkan. Saya kira mencegah harus ditempatkan pada posisi lebih baik mencegah (corona) dari pada mengobati," tandasnya.

"Kita menunggu, kita doakan virus ini segera terselesaikan. Kegiatan peribadahan bisa berjalan normal. Pesan saya tentu sementara menunggu dulu kebijakannya seperti apa," pungkasnya.

Tonton juga Saudi Setop Umrah Gegara Virus Corona, Jokowi: Kita Hormati :

[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)