2 Jurusan Ini Banyak Diminati Pendaftar SNMPTN Universitas Brawijaya

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:22 WIB
Ada dua jurusan di Universitas Brawijaya (UB) yang paling diminati pendaftar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Yakni jurusan kedokteran dan manajemen.
Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Brawijaya Profesor Aulanni'am/Foto: Muhammad Aminudin
Malang -

Ada dua jurusan di Universitas Brawijaya (UB) yang paling diminati pendaftar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Yakni jurusan kedokteran dan manajemen.

Sampai hari ini, yang merupakan hari terakhir pendaftaran SNMPTN, dari total 30.360 pendaftar, mayoritas memilih dua jurusan itu. Wakil Rektor I Bidang Akademik Profesor Aulanni'am mengatakan, kuota penerimaan untuk jalur SNMPTN sebanyak 30 persen. Atau 4.300 dari total kuota keseluruhan sebanyak 14.310 mahasiswa.

"Hari ini merupakan hari terakhir jalur SNMPTN. Jumlah pendaftar yang masuk cukup besar mencapai 30 ribu lebih. Sementara kuota jalur SNMPTN hanya 30 persen atau 4.300 dari total penerimaan sebanyak 14.310 mahasiswa di tahun 2020 ini," katanya kepada wartawan di Universitas Brawijaya, Jalan Veteran, Kota Malang, Kamis (27/2/2020).


Menurutnya, di Universitas Brawijaya, beberapa prodi masih mensyaratkan adanya tes khusus selain nilai rapor. Jumlah siswa yang lolos pada SNMPTN diseleksi langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), berdasarkan urutan nilai dari masing-masing siswa di seluruh SMA di Indonesia.

"Setiap peserta harus memiliki akun LTMPT untuk mendaftar jalur SNMPTN, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan SBMPTN," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk kuota jalur SBMPTN sebanyak 40 persen atau sekitar 5.724 mahasiswa. Untuk SBMPTN tahun ini, UB sudah menyiapkan 2.000 komputer dan 170 komputer cadangan untuk mengantisipasi jika pada saat pelaksanaan terdapat kendala.

"Untuk UTBK kami sudah siapkan 2.000 komputer dan 170 komputer cadangan supaya proses UTBK bisa berjalan lancar," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2