Sempat Menunggu Keberangkatan, Ratusan Jemaah di Bandara Juanda Gagal Umroh

Suparno - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:59 WIB
bandara juanda
Jemaah umroh sudah dipulangkan (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Ratusan jemaah umroh menumpuk di Bandara International Juanda, akhirnya pulang ke rumah atau ke tempat asalnya. Mereka dipandu para travel umrohnya masing-masing.

Informasi yang dihimpun detikcom jemaah yang berada di bandara di antaranya dari tiga travel. Yakni Situbondo, Madura dan Sidoarjo. Mereka berdatangan ke Bandara Juanda mulai pukul 10.00 WIB, Kamis (27/2/2020). Namun pukul 16.50 WIB, para jemaah sudah meninggalkan Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya.

Tampak satu keluarga terdiri dari lima orang yang ikut Travel Dallas Wisata, Syaifullah Maksum (40) masih berada di Bandara Juanda menunggu dijemput keluarganya.

"Sebenarnya kami kecewa berat. Pemberitahuannya sangat mendadak. Hari ini pemberitahuan, hari ini dibatalkan. Kalau menurut saya alasannya Corona ya kurang tepat," jelas pria yang berangkat bersama istri, dua anak dan ibunya saat dikonfirmasi detikcom.

Meski, jelas dia, Ketua Cabang Travel Dallas cabang Sidoarjo sendiri menjamin tidak ada penambahan biaya jika nanti ada kepastian bisa berangkat.

"Tapi alhamdulillah travel menjamin tidak ada penambahan meski tetap ada kepastian berangkat umroh," tambahnya.

Tonton juga Arab Saudi Tutup Akses, Bagaimana Nasib Jemaah Umrah? :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)