Modal Tutup Botol Plastik, Mahasiswi Ini Bisa ke New York Fashion Week

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 08:12 WIB
Mahasiswa Fashion Design Bussines Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Ajeng Nurillah Wibowo menciptakan kacamata dengan bahan tutup botol plastik. Karya dari Ajeng mengantarkan dirinya ke New York Fashion Week 2020 pada 14 Februari lalu.
Ajeng di New York Fashion Week 2020/Foto: Istimewa
Surabaya -

Mahasiswi Fashion Design Bussines Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Ajeng Nurillah Wibowo menciptakan kacamata dengan bahan tutup botol plastik. Karya dari Ajeng mengantarkan dirinya ke New York Fashion Week 2020 pada 14 Februari lalu.

Mengambil tema Sustainable Fashion and Local Cultural Riches, Ajeng bersama enam mahasiswa UC lainnya memamerkan karya mereka yang ramah lingkungan di New York.

"Fashion week di KJRI New York tanggal 12 Februari, kemudian di Couture New York fashion week-nya itu tanggal 14 Februari. Ini peragaan busana dengan bahan yang ramah lingkungan, aku sendiri membuat kacamata," kata Ajeng di Surabaya, Kamis (28/2/2020).


Bukan tanpa alasan, Ajeng memilih tutup botol sebagai bahan utama dalam membuat karyanya. Dengan tagline 'eyewear for every human problem', Ajeng ingin memberi pesan bahwa tutup botol yang biasa digunakan manusia ternyata baru bisa terurai selama 500 tahun.

"Untuk karya aku sendiri karena belum ada yang membuat desain kacamata selama aku kuliah di UC. Saya memilih pakai tutup botol, karena itu sepele di masyarakat tapi begitu lama mengurai sampahnya," ujarnya.

"Jadi saya mengangkatnya sebagai sebuah karya yang di mana orang lain melihat permasalahan yang terjadi di lingkup mereka sendiri. Dengan menggunakan kacamata ini, mereka sadar ternyata tutup botol plastik yang selama ini dikonsumsi ternyata bisa berguna," lanjutnya.

Simak Video "Modal Nekat! Cerita Guru yang Viral Tangkap Ular Piton"



Selanjutnya
Halaman
1 2