Pemprov Jatim Minta Maaf soal Sampah Berserakan Usai Pertemuan Kades

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 22:45 WIB
Warganet menyoroti sampah kardus makanan yang berserakan usai pertemuan kepala desa se-Jawa Timur. Pemprov Jatim pun meminta maaf atas kejadian tersebut.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim, Mohammad Yasin/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Warganet menyoroti sampah kardus makanan yang berserakan usai pertemuan kepala desa se-Jawa Timur. Pemprov Jatim pun meminta maaf atas kejadian tersebut.

Permintaan maaf ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jatim, Mohammad Yasin. "Kami atas nama penyelenggara Acara Rapat Kerja Percepatan Penyaluran Dana Desa Provinsi Jawa Timur meminta maaf kepada warga Surabaya atas viralnya video sampah di Gedung Jatim Expo, Jalan Frontage Ahmad Yani Surabaya, Selasa (25/2)," kata Yasin di Surabaya, Rabu (26/2/2020).

Yasin menambahkan, panitia telah menyiapkan banyak tempat sampah di sejumlah titik. Namun adanya ribuan peserta yang membludak, membuat sampah tersebut tidak terantisipasi dengan baik.


"Dalam penyelenggaraan acara tersebut, panitia sebelumnya juga sudah menyebar tempat sampah di banyak titik di lokasi acara, sebagai langkah antisipasi sampah yang beredar. Namun harap dimaklumi, mengingat acara dihadiri oleh 8.500 perangkat desa se-Jawa Timur pengelola dana desa," papar Yasin.

Yasin memaparkan usai acara, petugas langsung membersihkan sampah hingga lokasi tersebut bersih seperti sedia kala. "Pembersihan sampah-sampah pada acara tersebut sudah dilakukan sesaat setelah acara usai, sampai lokasi acara bersih seperti semula," ungkapnya.

"Sekali lagi, kami atas nama penyelenggara acara memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas terselenggaranya acara. Baik itu dampak lingkungan maupun kemacetan yang terjadi," imbuh Yasin.