Petugas Jebol Rumah Warga Surabaya untuk Tangkap Ular Sanca 3,5 Meter

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 19:05 WIB
Seekor ular sanca kembang dtangkap di sela rumah warga Krembangan, Surabaya. Proses penangkapan diwarnai penjebolan tembok rumah warga.
Ular sanca yang diamankan di Surabaya/Foto: Istimewa
Surabaya -

Seekor ular sanca kembang ditangkap di sela rumah warga dan rumah pompa Krembangan, Surabaya. Proses penangkapan diwarnai penjebolan tembok rumah warga.

Awalnya, warga yang melihat ular sepanjang 3,5 meter itu langsung menghubungi 112 sekitar pukul 10.35 WIB. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran, BPB dan Linmas, DPUBMP, Praja Krembangan serta Kasatgas Krembangan Utara serentak datang ke lokasi. Mereka langsung mengevakuasi ular sanca tersebut.

Kepala Bidang Operasional PMK Surabaya Bambang Vistadi menjelaskan kronologi penemuan ular sanca itu. "Warga mengetahui ada ular, terus masuk di sela-sela tembok. Kalau tidak dijebol gak bisa keluar, akan bersarang di situ. Makanya kita jebol atas izin pemilik rumah," jelasnya saat dihubungi detikcom, Rabu (26/2/2020).


Saat mengevakuasi ular, petugas sempat menemukan kendala. Sebab, ular itu masuk ke sela-sela dinding rumah warga.

"Tapi petugas menggunakan alat pack hammer. Anggota melakukan pembongkaran terukur untuk dinding yang menjadi tempat ular bersembunyi," imbuhnya.


Dengan begitu, evakuasi ular berlangsung aman dan kondusif pukul 11.47 WIB. Setelah itu ular diamankan dan dibawa ke kantor Linmas.

"Setelah berhasil diamankan, ular langsung diserahterimakan ke rekan Darlog (Darurat Logistik) BPB & Linmas di lokasi," pungkasnya.

Tonton juga Penampakan Ular Piton Jumbo yang Turun ke Permukiman Warga di Maros :

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)