47 Penyandang Disabilitas Ikut Tes CPNS, Tunanetra Disediakan Earphone

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 10:00 WIB
Tes CPNS Penyandang Disabilitas
Puluhan disabilitas ikut tes CPNS (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 600 orang mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS Pemprov Jatim 2020 di Graha Unesa, Surabaya (26/2/2020). Ada 47 penyandang disabilitas ikut serta.

Pantauan detikcom di lokasi, saat ini tes tengah berlangsung. Ada 600 peserta yang ikut dalam kloter pertama ini. Untuk difabel, mereka diletakkan di bagian belakang ruangan dan ada pendamping khusus dari panitia.

Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Nurkholis mengatakan sebelum bisa ikut tes, peserta difabel wajib melakukan tes kesehatan di RS Haji.

"Khusus difabel memang begitu, karena BKD tidak mempunyai kompetensi untuk mengetahui dimana mereka diletakkan. Dari tes tersebut kita tahu mereka (difabel) tes untuk formasi apa, mereka semua lolos tes kesehatan dan hari ini tes," kata Nurkholis di Graha Unesa, Rabu (26/2/2020).

Nurkholis membeberkan, peserta difabel terdiri dari tunanetra, tunarungu dan tunadaksa. Khusus untuk tunanetra yang berjumlah 10, panitia memberikan tambahan waktu 30 menit.

"Kalau tunanetra waktunya ditambah, karena baca braillenya lama. Kalau yang lain 90 menit, dia ditambah lagi 30 menit, jadi 120 menit," terangnya.

Nurkholis menyebut bagi peserta tunanetra disediakan earphone sebagai sarana ujian, untuk mempermudah peserta. Hal ini berbeda daripada tahun sebelumnya, karena ada pengawas khusus yang menuntun.

"Tahun ini berbeda dengan tes tahun sebelumnya. Dulu ada yang nuntun, sekarang pakai earphone. Nah karena pakai earphone mereka mengeluh pembacaannya lama dari sistem, kita tambah 30 menit," ungkapnya.

Dari 47 orang peserta difabel, terdiri dari 10 orang tunanetra, 3 orang tunarungu, dan 34 orang tunadaksa. Nurkholis mengaku, secara teknis untuk persiapan ujian bagi peserta difabel telah selesai dilakukan.

Sementara kesempatan untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya bagi peserta difabel sangat besar, mengingat dari 47 peserta, akan memperebutkan posisi 36 lowongan.

"Peluangnya kan sangat besar bagi mereka, dari 47, hanya 11 yang tidak lolos. Untuk persiapan sudah semua, kita sudah siapkan dari kemarin termasuk kursi dorong dan sebagainya yang membantu pelaksanaan TKD hari ini," pungkasnya.

(fat/fat)