Proyek Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Dilelang Akhir Bulan Ini

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 13:33 WIB
tunnel terminal joyoboyo-kbs
Gambar tunnel Terminal Joyoboyo-KBS yang hendak dibangun (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) bakal diberi akses lebih mudah oleh Pemkot dengan adanya tunnel atau terowongan bawah tanah. Tunnel yang menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan KBS bakal dilelang akhir bulan ini.

Kepala Bidang Prasarana Transportasi Dishub Surabaya Ridlo Noor Wahab mengatakan periode lelang biasanya membutuhkan waktu satu bulan. Tapi, itu tergantung pada kewenangan unit layanan pengadaan (ULP).

"Yang jelas sudah kami daftarkan ke mereka. Kemudian hari ini kami sedang ada rakor juga untuk membahas itu dengan ULP-nya, baru nanti diumumkan mungkin tanggal 29 Februari," kata Ridlo saat dihubungi detikcom, Senin (24/2/2020).

Meski masih proses lelang, Dishub sudah memiliki desain infrastruktur tunnel. Lebar tunnel empat meter dan panjang kurang lebih 160 meter.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan tahun ini pihaknya bakal menyelesaikan koneksitas TIJ dengan KBS. Sebab, Dishub sudah banyak melakukan pertemuan dengan KBS, utilitas dan PT KAI karena ada rel yang harus digeser.

Hasil dari pertemuam koordinasi itu, Irvan berharap ada masukan. Pun dalam triwulan pertama sudah selesai lelang.

"Kami harapkan dari TIJ ini nanti perlu perlu di atas (jalan), bisa langsung connecting dari basement TIJ langsung menuju lewat tunnel pejalan kaki ke arah KBS," kata Irvan.

(iwd/iwd)