Round-Up

Perjuangan Ganti Kelamin, Putri Natasiya Akhirnya Menjadi Ahmad Putra Adinata

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 08:01 WIB
sidang ganti kelamin
Putri Natasiya (berpeci) saat bersidang di Pengadilan Negeri Surabaya/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Putri Natasiya akhirnya bisa bernapas lega. Permohonannya untuk menjadi seorang laki-laki secara hukum akhirnya terkabul. Putri kini resmi menjadi seorang laki-laki.

Perjuangan Putri menjadi seorang laki-laki dimulai pada Oktober 2019 lalu. Saat itu Putri yang berusia 19 tahun ini mengajukan permohonan ganti kelamin di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Tetapi ia sama sekali tak hadir di persidangan dan pada akhirnya mencabut permohonannya. Ada alasan kuat di balik pencabutan permohonan itu.

"Karena permohonan yang diajukan bersifat prinsip serta belum lengkapnya bukti dan saksi yang mendukung permohonan pemohon. Maka kami selaku kuasa hukum pemohon dengan ini mencabut perkara permohonan nomor 1768/Pdt.P/2019/PN.Sby," tutur Irwan Santoso, kuasa hukum Putri saat menghadiri persidangan di PN Surabaya, Rabu (20/11/2019).

Irwan pun kemudian melengkapi bukti dan saksi. 22 Februari 2020, Putri kembali mengajukan permohonan ganti kelamin lagi. Sidang perdana digelar 5 Februari 2020 dengan menghadirkan tiga saksi.

Ketiga saksi yang dihadirkan adalah Susilowati selaku ibu kandung Putri. Sedangkan dua lainnya ketua dan wakil RT Suwarno dan Rochman. Ketiganya dihadirkan untuk meyakinkan hakim.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3