BMKG Sebut Hujan Disertai Petir Diperkirakan Landa Surabaya Hari Ini

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 08:10 WIB
BMKG Juanda
Foto: Istimewa
Surabaya -

Hujan lokal hingga disertai petir diperkirakan melanda wilayah Surabaya siang hingga malam ini. Sementara kecepatan angin rata-rata mencapai 30 KM/jam dengan suhu mulai dari 24 hingga 33 derajat celcius.

"Sedangkan cuaca pagi hingga siang cenderung cerah berawan," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto kepada detikcom di Surabaya, Jumat (21/2/2020).

Sementara dari prakiraan cuaca, Teguh mengingatkan masyarakat Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat. Hujan ini juga disertai petir dan angin kencang sesaat.

Kondisi ini, lanjut Teguh, akan terjadi di beberapa wilayah di Jatim dan terjadi secara bergantian mulai pagi hingga malam hari.

"Hujan intensitas sedang hingga lebat pada pagi hari terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Magetan, Kabupaten Blitar," imbuh Teguh.

Tak hanya itu, hujan pada pagi hari yang disertai petir dan angin kencang ini juga terjadi di Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Sementara pada siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung.

Hal ini juga terjadi di Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Sedangkan malamnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Jombang, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Simak Video "Jakarta Diguyur Hujan Sepanjang Malam, Pintu Air Manggarai Masih Normal"

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)