Khofifah Ajak Australia Kerja Sama Pendidikan Vokasi dan Kemaritiman

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 20:29 WIB
Dubes Australia Gary Quinlan Ao bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan ini membahas kerja sama di bidang pendidikan vokasi dan kemaritiman.
Dubes Australia Gary Quinlan Ao bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Dubes Australia Gary Quinlan Ao bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan ini membahas kerja sama di bidang pendidikan vokasi dan kemaritiman.

Pertemuan berjalan akrab dan bersahabat. Keduanya membicarakan berbagai kerja sama bilateral. Khususnya di bidang wisata, perdagangan, pendidikan vokasi dan kemaritiman.

Usai menggelar pertemuan, Khofifah menyampaikan pendidikan vokasi di Australia sangat maju. Khususnya di sektor kemaritiman. Diakuinya, Australia lebih berpengalaman di sektor teknologi kemaritiman.

Oleh sebab itu, Khofifah berharap ada kerja sama lebih erat untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Jatim, khususnya bagi usia muda.


"Saya berharap ada proses magang di sana, misalnya di Perth begitu pula dengan mentornya. Hasilnya adalah selain SDM kita memiliki pengalaman dan skill, juga memperoleh sertifikasi dan jaringan dari Australia," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (20/2/2020).

Khofifah menyebut sertifikasi ini bisa menjadi bekal para tenaga yang sudah magang di Australia. Khususnya ketika digunakan untuk masuk dunia kerja.

"Semua proses dilakukan secara digital IT. Apabila tenaga kerja kita tidak dibekali skill yang sesuai, maka akan tertinggal dengan negara lain," lanjutnya.

Khofifah menjelaskan, setiap tahunnya di Jatim ada sekitar 800 ribu angkatan kerja baru. Pihaknya telah mempersiapkan sejak dini agar tenaga kerja tersebut bisa diserap oleh dunia industri.

Selanjutnya
Halaman
1 2