Final Piala Gubernur Jatim

Persebaya Vs Persija: Bonek Boleh Nonton di Stadion, Jakmania Tidak

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 16:16 WIB
bonek
Bonek/Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom
Surabaya -

Final Piala Gubernur Jatim antara Persebaya vs Persija akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2). Bonek diizinkan menonton langsung di stadion, sementara Jakmania tidak.

"Untuk suporter Bonek boleh nonton," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan usai rakor persiapan di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (19/2/2020).


Luki menegaskan, ada sejumlah catatan yang harus dipatuhi Bonek. Seperti wajib menjaga ketertiban dan keamanan di dalam stadion.

"Dengan catatan akan tertib, akan menjaga keamanan dan kami akan menyiapkan personel untuk membantu dari aparat keamanan. Mereka akan mendeklarasikan tertib dan kami berharap siapapun pemenangnya, tetap bisa menjaga situasi kondusif di Jawa Timur," imbuh Luki.


Sebelumnya, Luki mengatakan bahwa pertandingan final itu digelar di Gelora Delta Sidoarjo. Pihaknya akan meningkatkan pengamanan, namun terkait jumlah personel masih dirapatkan.

"Terkait dengan pengalaman tersebut (kericuhan di Blitar) karena barusan rapat dengan instansi terkait lengkap. Baik dari satuan pengaman dari TNI dan Polri, dari instansi samping dan pihak Pemprov dan PSSI, dari panpel, kesehatan dan lain-lain dan sepakat untuk kejadian kemarin tidak terulang lagi. Dan kami akan melakukan pengamanan ekstra ketat besok," pungkas Luki.

Simak juga video TNI-Polri Turun Tangan Atasi Rusuh Suporter di Blitar:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)