Mengapa Final Piala Gubernur Jatim Persebaya Vs Persija di Sidoarjo?

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 13:17 WIB
Persebaya Surabaya
Ilustrasi Piala Gubernur Jatim/Foto: ist.
Surabaya -

Final Piala Gubernur Jatim antara Persebaya vs Persija akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2). Mengapa stadion berkapasitas 30 ribu penonton ini dipilih menjadi venue?

Usai rakor dengan stakeholder terkait, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan, sebelumnya Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya telah dipilih menjadi venue. Namun ternyata GBT sedang dalam perbaikan.

"Karena GBT dalam tahap perbaikan rumputnya, tadi kami sudah dapat laporan rumput-rumputnya masih banyak yang lobang-lobang ya, Sehingga dari ini tadi di atas, dari pihak pengelola sudah mengurus ini," kata Luki di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (18/2/2020).


Di kesempatan yang sama, Sekretaris PSSI Jatim Amir Burhanuddin mengatakan, dari rakor pengamanan pekan lalu, telah disepakati jika Persebaya masuk final, pertandingan akan digelar di GBT.

"Namun info tadi malam sampai kami update tadi pagi, dalam rapat yang kedua bersama Kapolda, penggunaan stadion (GBT) tidak mungkin karena memang SOP lapangan sedang dalam perawatan," imbuh Amir.


Untuk itu, Amir langsung melakukan koordinasi dengan stadion terdekat. Yakni Gelora Delta Sidoarjo.

"Dalam waktu yang cepat kami koordinasi dengan stadion sekitar paling dekat yaitu Gelora Delta. Kemudian mendapat jawaban dari pengelola stadion, bahwa stadion dalam kondisi kosong, bisa dipakai untuk besok. Dan diputuskan dalam rakor tadi kami akan gelar final Persebaya vs Persija dalam turnamen Piala Gubernur 2020 di GOR Delta," pungkas Amir.

(sun/bdh)