Ricuh Suporter Persebaya-Arema di Blitar, Ini Kata Penyelenggara

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 19:29 WIB
persebaya vs arema
Ricuh suporter di Blitar (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Laga Persebaya vs Arema FC di dalam Stadion Soepriadi memang berjalan lancar. Namun di luar stadion, kedua suporter klub bentrok sehingga membuat kericuhan dan kerusuhan.

Asosiasi PSSI Provinsi (Asprov) Jawa Timur mengaku hanya mempunyai kewenangan menggelar pertandingan. Sementara untuk keamanan, itu adalah ranah polisi.

"Kami hanya memiliki kewenangan menggelar pertandingan, sesuai yang diarahkan oleh Polda tanpa penonton di tempat netral. Nah artinya tempat netral tanpa penonton tanpa suporter itukan sudah diketahui oleh kedua klub. Sehingga kok masih ada penonton yang datang, itu di luar kewenangan kami kan," ujar Sekretaris Asprov Jatim Amir Burhannudin kepada detikcom, Selasa (18/2/2020).

Amir mengaku sudah memberikan pendapatnya ketika rapat koordinasi pengamanan digelar. Dia berpendapat seharusnya pertandingan itu tak digelar di tempat netral tanpa penonton.

"Kami sudah memberikan pendapat ketika rakorpam. Kalau digelar di tempat netral ya seperti ini kejadiannya, di luar stadion pasti akan merepotkan pihak keamanan," kata Amir.

Amir menegaskan bahwa pertandingan pamungkas alias final antara Persebaya vs Persija akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pertandingan puncak ini digelar dengan penonton.

"Sesuai dengan rakorpam di Polda, hari Minggu (16/2). Kalau Persebaya menang maka akan digelar di GBT dengan panpel Persebaya. Sekarang tinggal dipastikan Panpel Persebaya bersiap nggak, minimal penggunaan stadionnya. Kalau keamanan hasil Rakorpam Polda," kata Amir.

Amir memastikan sesuai dengan jadwal sebelumnya, laga Final Piala Gubernur Jatim akan digelar pada Kamis (20/2). Dan sesuai kesepakatan pada Rakoropam yang digelar di Polda Jatim pertandingan akan digelar dengan penonton.

"Rencana main malam jam 18.30 WIB," tandas Amir.

(iwd/iwd)