Komunitas Pecinta Anjing Blitar Turut Serta Amankan Persebaya Vs Arema

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 14:42 WIB
persebaya vs arema
Anjing dari komunitas pecinta anjing ikut membantu pengamaman laga Persebaya vs Arema (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Sebanyak 9 anjing masing-masing pelacak petarung dan penjaga ikut mengamankan massa suporter bola yang merapat ke Kota Blitar. Sang pemilik anjing membawa mereka untuk membantu tugas kepolisian mengamankan jalannya laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020.

Tampak anjing jenis Pitbul, Dobermen, dan German Shepherd tampak siap di depan Stadion Soepriadi maupun di ujung Jalan Kelud, akses menuju stadion.

Kapolresta Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengatakan kehadiran anjing-anjing ini atas partisipasi komunitas pecinta anjing di Kabupaten Blitar.

"Kemarin kami menerima tawaran dari komunitas anjing. Dan setelah melihat kondisi, kami memang membutuhkan anjing untuk menghalau massa. Pengalaman sebelumnya, massa takut kalau sama anjing," kata Leo kepada detikcom, Selasa (18/2/2020).

Pantauan detikcom, mereka ini hadir dari Komunitas Pecinta Anjing Multi Ras (Kopamura). Koordinator Kopamura, Windu mengatakan, kehadiran mereka dengan anjing piaraan itu sebagai partisipasi untuk mengamankan massa.

"Kami turunkan 9 anjing. Ada jenis pelacak, petarung dan penjaga. Ini sudah kami latih untuk ikut pengamanan semifinal Persebaya melawan Arema," kata Windu.

Kopamura beranggotakan sekitar 80 orang. Rata-rata mereka memelihara anjing ras sebagai hobi. Dan karena sudah mendapat pelatihan pengamanan dan penjagaan dari anggota K9, anjing-anjing ini siap ikut serta mengamankan massa.

"Sebulan kami dua kali pertemuan. Pekan kedua sharing soal kesehatan. Pekan ke empat, mendapat latihan dari anggota K9," pungkas Windu. (iwd/iwd)