BMKG Prediksi Surabaya dan Sidoarjo Hujan Sedang Namun Awet

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 09:19 WIB
BMKG Juanda
Foto: Istimewa
Surabaya -

BMKG Juanda memprediksi cuaca di Jatim hari ini masih berpotensi hujan. Hujan yang terjadi, khususnya di wilayah Surabaya dan Sidoarjo durasinya lebih lama atau awet.

"Surabaya dan Sidoarjo relatif hujannya, di awal musim hujan deras-derasnya. Ini akan deras di awal, kemudian hujan sedang durasi lebih panjang. Pertama deras dan akan berlanjut dua sampai tiga jam," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto saat dihubungi detikcom, Selasa (18/2/2020).

Untuk banjir atau genangan sendiri, Teguh menyampaikan banyak faktor. Salah satunya dari curah hujan yang cukup tinggi. Surabaya dan Sidoarjo bisa terjadi banjir dari kiriman Pasuruan dan Mojokerto.

"Bisa saja terjadi genangan, tapi kalau Surabaya dan Sidoarjo genangan tidak akan lama," ujarnya.

Wilayah yang perlu diwaspadai kini Tanggulangin, Sidoarjo yang sempat terjadi genangan. Sementara Surabaya di bagian barat atau wilayah yang mengarah ke barat.

Angin kencang disertai petir juga hanya di awal hujan dan tidak akan separah awal musim penghujan. Surabaya dan Sidoarjo diprediksi tidak sampai sekencang awal Januari.

"Sekarang sudah puncak penghujan, Surabaya dan Sidoarjo memang kita prekdisikan dominasi puncak penghujan Februari dan awal Maret," kata dia.

Jika bicara puncak penghujan, lanjut Teguh, ketika satu bulan curah hujan nilainya akan tinggi. BMKG Juanda akan bisa dilaksaknakan evaluasi akhir bulan ini.

Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten. Madiun, Tulungagung, Kabupaten. Blitar, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowosa dan Banyuwangi.

Siang sampai sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Magetan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Malam hari di wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Jember, Lumajang dan Situbondo.

(fat/fat)