Gus Dur Lengser dari Kursi Presiden Bukan Karena Datang ke Kediri, Tapi...

Andhika Dwi - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 16:26 WIB
Seskab Pramono Anung mengatakan, Presiden keempat RI Abdurrahaman Wahid (Gus Dur) lengser gara-gara mengunjungi Kediri. Namun budayawan Kediri, Imam Mubarok membantah hal itu.
Budayawan Kediri, Imam Mubarok/Foto: Andhika Dwi
Kediri -

Seskab Pramono Anung mengatakan, Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) lengser gara-gara mengunjungi Kediri. Namun budayawan Kediri, Imam Mubarok membantah hal itu.

Imam yang merupakan Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi PWNU Jawa Timur) memberikan penjelasan kepada detikcom, saat dikunjungi di kediamannya.

Menurut budayawan yang akrab disapa Gus Barok, lengsernya Gus Dur pada 2001 bukan karena mengunjungi Kediri. Melainkan karena adanya intrik dari lawan politiknya. Itu tertuang dalam buku mengenai Gus Dur yang terbit setelah 10 tahun Gus Dur meninggal.


"Kalau contohnya presiden lengser usai berkunjung ke Kediri adalah Gus Dur, itu tidak benar. Karena Gus Dur lengser akibat dari trik politik lawannya," jelas pria yang juga Dosen Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Senin (17/2/2020)

"Itu tertuang dan terbukti tertuang pada buku soal Gus Dur yang terbit 2019 lalu," imbuhnya.


Sabtu (15/2), Pramono Anung mengunjungi Kediri. Dalam sebuah kesempatan, ia mengaku melarang Presiden Jokowi datang ke Kediri agar tidak lengser sebagai orang nomor satu di Tanah Air.

Ia percaya bahwa Kediri angker bagi setiap presiden. Ia menyebutkan Gus Dur yang lengser dari kursi presiden setelah mengunjungi Kediri.

(sun/bdh)