Bupati Pekalongan Ajak Banyuwangi Kolaborasi Kembangkan Batik

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 23:06 WIB
Keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyuwangi membuat Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi tertarik. Ia membawa belasan jajarannya untuk melihat langsung praktik di MPP itu.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi/Foto: Ardian Fanani

Mal pelayanan publik Banyuwangi kini telah mengintegrasikan 204 jenis layanan dalam satu atap. Mulai administrasi kependudukan beragam jenis izin usaha, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, PDAM, pelayanan izin kendaraan, hingga pembayaran retribusi daerah. Termasuk ada layanan administrasi pernikahan dari Kementerian Agama hingga pengurusan paspor.

Dalam kesempatan itu, Asip juga mengajak Banyuwangi berkolaborasi mengembangkan batik daerah. Pekalongan adalah daerah di Indonesia yang dikenal dengan industri batiknya.


"Kami melihat batik Banyuwangi ini punya kekhasan motif yang selalu dijaga kelestariannya. Kami dengan senang hati mengajak Banyuwangi untuk mengembangkan industri batik," kata Asip.

Bupati Anas pun mengaku senang dengan ajakan kolaborasi dari Pekalongan yang telah maju batiknya. "Kami senang bisa saling kolaborasi untuk mengembangkan daerah. Kita bisa saling belajar. Tentu setiap daerah punya kelebihan dan kekurangan masing-masing," kata Anas.

Halaman

(sun/bdh)