Masa Tenang Pilkades di Bojonegoro, Polisi Intens Berjaga di Lokasi Rawan

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 17:12 WIB
persiapan polisi jelang pilkades di bojonegoro
Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro -

Masa tenang pemilihan kepala desa (Pilkades) di Bojonegoro mulai hari ini. Kampanye terbuka dalam rangka pelaksanaan tahapan pilkades serentak gelombang III tahun 2020 di 233 desa di kota minyak ini telah usai.

Meski demikian, polisi dan TNI terus melakukan operasi skala besar hingga pascacoblosan tanggal 19 Februari nanti.

Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan mengatakan, pengamanan situasi kamtibmas jelang pencoblosan terus dilakukan. Meski saat ini situasi kamtibmas di wilayah Bojonegoro relatif aman.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Bojonegoro khususnya kepada seluruh Cakades, tim sukses cakades serta kepada simpatisan atau pendukungnya telah menjaga situasi dan ketertiban di desa masing-masing sehingga tahapan kampanye terbuka berjalan aman, damai dan kondusif," kata kapolres, Jumat (14/02/2020).

Dia mengabarkan jika selama tiga hari ini masa kampanye terbuka pantauan situasi keamanan di setiap desa yang sedang melakukan kegiatan kampanye terbuka pilkades hingga selesai berjalan aman, damai dan kondusif.

"Untuk masa tenang mulai tanggal kita harap para cakades, tim pemenangan dan pendukungnya sama-sama menjaga situasi desanya masing masing tetap aman, damai dan kondusif di masa tenang ini," pesan kapolres.

Meski ada beberapa desa yang ada potensi kerawanan, polisi telah melakukan pemetaan dan pengawasan lebih intens dengan menempatkan pasukan lebih banyak agar tidak terjadi konflik sosial di masyarakat saat pelaksanaan pilkades nanti.

(fat/fat)