Napi Korupsi Eks Wali Kota Samanhudi Dipindahkan Ke Lapas Blitar

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 14:40 WIB
lapas blitar
Lapas Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Mantan Wali Kota Blitar, Moch Samanhudi Anwar dipindahkan ke Lapas Kelas 2B Blitar. Samanhudi melanjutkan masa pembinaan selama 3 tahun 3 bulan 26 hari.

Dia dipindah bersama dengan napi korupsi lain dalam kasus sama, atas nama Bambang Purnomo. Bambang akan menjalani sisa masa pembinaan selama 2 tahun 3 bulan 24 hari.

Kepala Keamanan Lapas Kelas 2B Blitar Bambang Setiawan menyatakan, napi korupsi ini dipindahkan ke Lapas Blitar atas surat persetujuan pemindahan narapidana kepala kantor wilayah Kemenkumham Jatim.

"Tadi sekitar pukul 08.35 WIB kami menerima pemindahan dua napi korupsi atas nama Moch Samanhudi Anwar (54) dan Bambang Purnomo (65). Ini berdasarkan surat persetujuan dari Kemenkumham Kanwil Jatim tertanggal 11 Februari 2020," kata Bambang kepada detikcom, Jumat (14/2/2020).

Kedua napi koruptor ini dipindahkan dari Lapas Medaeng, setelah menjalani masa pidana 1 tahun 8 bulan. Status hukum Samanhudi inkrah setelah keluar putusan kasasi MA dengan vonis pidana penjara selama 5 tahun. Dan Bambang divonis 4 tahun penjara.

"Dipindahkan ke sini atas permohonan keluarga," imbuhnya.

Bambang menegaskan meski statusnya sebagai mantan Wali Kota Blitar, namun Samanhudi tidak ditempatkan di sel istimewa. Dia akan dijadikan satu dengan napi koruptor lainnya, napi manula dan napi yang akan selesai masa pembinaannya.

"Kami juga menerima rekam medis dari lapas Medaeng, jika yang bersangkutan punya riwayat sakit jantung. Kemudian dilihat dari usianya juga tergolong manula. Di sini tidak bisa menyediakan blok khusus. Jadi kami tempatkan satu sel dengan napi korupsi, napi manula dan napi yang mau pulang di sini," imbuhnya.

Bambang menambahkan, Lapas Kelas 2B Blitar saat ini membina 4 napi korupsi lainnya. Dengan masuknya Samanhudi dan Bambang, maka lapas Blitar membina sebanyak 6 napi korupsi.

Hari ini, Samanhudi menjalani tahapan masa pengenalan lingkungan (mapenaling). Selama masa orientasi baru ini, dia akan menenpati sel mapenaling selama 3 hari. Dan akan didistribusikan ke kamar hunian setelah masa orientasi itu usai. Samanhudi akan menjalani masa pidana di sini bersama 561 narapidana lainnya.

(fat/fat)