Canggih, Ini Alat Pengusir Tikus yang Aman Buat Manusia

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 14:03 WIB
Jebakan tikus dengan aliran listrik kerap menelan korban jiwa. Kini sudah ada alat pengusir tikus yang aman bagi manusia.
Alat pengusir tikus dengan tenaga surya di Madiun/Foto: Sugeng Harianto
Madiun -

Jebakan tikus dengan aliran listrik kerap menelan korban jiwa. Kini sudah ada alat pengusir tikus yang aman bagi manusia.

"Selama ini sering kita dengar banyak orang yang jadi korban meninggal akibat jebakan tikus listrik. Maka kami cari gimana cara pembasmian yang efektif," ujar Yanto (40), salah seorang petani asal Desa Nglames, Kecamatan/Kabupaten Madiun kepada detikcom, Jumat (14/2/2020).

"Akhirnya kita ketemu Pak Agus Zamroni yang mencoba membuat alat ini yang tidak bahaya. Yakni dengan tenaga surya atau matahari," imbuhnya.


Yanto menjelaskan, alat pengusir tikus dengan tenaga matahari ini terdiri dari tiga bagian. Yakni tiang penyangga, rumah mesin, dan panel surya. Panel surya berfungsi untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

"Alat ini memang tidak menggunakan aliran listrik PLN. Di sini ada bagian panel surya yang berfungsi untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya sebagai energi listrik," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2