65 Warga Jatim Akan Pulang Usai Karantina di Natuna, Khofifah: Mereka Sehat

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 12:55 WIB
Gubernur Khofifah
Gubernur Khofifah/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Sebanyak 65 warga Jawa Timur dari Wuhan, China yang telah dikarantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau akan tiba di Jatim, Sabtu (15/2). Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kondisi mereka sehat.

Itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang merujuk dari kondisi kesehatan puluhan warga tersebut. Mereka dinyatakan sehat dan diperbolehkan kembali ke daerah masing-masing.

Khofifah menambahkan, pihaknya secara kontinyu akan berkoordinasi dengan tim Kementerian Kesehatan, sampai proses pemulangan seluruh warga Jatim rampung. "Kami akan kawal betul proses pemulangannya. Memastikan ke 65 orang tersebut bisa kembali sehat dan kembali berkumpul dengan keluarganya. Kepulangan mereka sudah ditunggu-tunggu keluarga," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jumat (14/2/2020).


Khofifah mengatakan, masyarakat Jatim tak perlu khawatir berlebihan dalam merespons kepulangan WNI dari Wuhan tersebut. Khofifah memastikan seluruh WNI dalam kondisi sehat.

"Kementerian Kesehatan sudah melakukan observasi selama 14 hari dan tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala terinfeksi Virus Corona. Mereka mengantongi surat keterangan sehat dari Kemenkes, jadi tidak perlu khawatir," imbuh Khofifah.

Kendati demikian, Khofifah mengingatkan seluruh masyarakat tetap waspada terhadap ancaman penularan Virus Corona. Salah satunya dengan terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selanjutnya
Halaman
1 2