24 Jam Tertutup Longsor, Akses Lautan Pasir Bromo Kembali Bisa Dilalui

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 19:13 WIB
Akses Lautan Pasir Bromo Kembali Bisa Dilalui
Foto: Istimewa
Pasuruan -

Jalur ke akses lautan pasir Bromo akhirnya bisa dilalui setelah 24 jam lumpuh. Pembersihan material longsor di Pakis Bincil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, ini menerjunkan alat berat.

Upaya pembersihan tanah dan bebatuan yang menutup jalan dilakukan puluhan personel gabungan dari berbagai unsur terkait. Dua alat berat dikerahkan untuk mempermudah dan mempercepat pembersihan.

"Pembersihan material longsor sudah selesai. Semua pihak terkait turun membantu. Akses ke sudah pulih dan bisa dilalui," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati, kepada detikcom, Kamis (13/2/2020).

Tebing di kawasan Pakis Bincil termasuk titik rawan longsor. Selain tinggi mencapai 15-20 meter, vegetasi juga sangat minim.

"Kami imbau tetep waspada di sekitar daerah tersebut ya," terang Tecto.

Ia berharap semua pihak, terutama perangkat desa, kecamatan, warga dan relawan, mampu melakukan deteksi dini terhadap potensi longsor. Sehingga bisa cepat dilakukan antispasi jika terjadi longsor.

"Apabila ada tanda-tanda keretakan tanah atau longsor-longsor kecil segera lapor ke kecamatan setempat atau ke BPBD. Biar ada penanganan cepat apabila longsor," pungkas Tecto.

Longsor terjadi pukul 17.00 WIB, Rabu (12/2/2020) setelah kawasan Tosari diguyur hujan lebat. Akibat tertimbun longsor, jalan menuju lautan pasir dari arah Pasuruan tertimbun tanah dan bebatuan.

(fat/fat)