Cara Simpel Dua Pelaku Beraksi Mencuri Kendaraan Bermotor

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 13:41 WIB
Dua Pelaku Curanmor Saat Lakukan Aksinya
Pelaku dihadiahi timah panas (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dihadiahi timah panas oleh polisi. Keduanya melakukan aksinya dengan alat dan bahan yang sederhana.

Kasubdit III Jatanras Polda Jatim Kompol Oki Ahadian mengatakan kedua pelaku hanya menggunakan obeng saat mencongkel kendaraan korban. Namun sebelum digunakan, obeng terlebih dahulu dimodifikasi agar mudah membuka kunci motor.

"Pakai alat obeng. Tapi obeng sudah dimodifikasi sama dia sehingga dia bisa membuka kunci kontak," kata Oki saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (13/2/2020).

Sementara kedua pelaku yakni Anang Makruf dan Akhmad Soleh. Keduanya merupakan warga Dusun Banyusari, Kelurahan Blarang, Kecamatan Tutur, Pasuruan. Polisi menyebut Anang merupakan residivis kasus yang sama.

"Jadi mereka orang Pasuruan, tapi beroperasinya, selalu di wilayah Malang," imbuh Oki.

Kedua tersangka ini juga kerap membawa senjata tajam berbentuk celurit saat beraksi. Saat disinggung apakah ada korban yang mendapatkan kekerasan, Oki menyebut masih mendalami hal ini.

"Masih kami dalami. Karena ini berawal dari 2 TKP yang dia tidak melakukan upaya kekerasan," lanjutnya.

Kini, Oki mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman kasus ini. Pihaknya juga tengah menginterogasi kedua pelaku tentang jaringan hingga barang curiannya.

"Barang bukti yang diamankan sementara hasil interogasi ataupun hasil pengungkapan beda motor. Nanti kami akan dalami. Karena mungkin masih ada yang disembunyikan oleh mereka," pungkas Oki.

Simak Video "Pelaku Curanmor Jakbar Gunakan Jaket Ojol untuk Samarkan Aksinya"

[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)