Selain Banteng dan Kudanil Purba, Warga Madiun Temukan Fosil Gajah

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 14:22 WIB
Warga Desa Sumberndo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun menemukan fosil banteng dan kudanil purba. Selain itu, warga juga menemukan fosil gajah serta kura-kura.
Penemuan fosil gajah dan kura-kura (Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, menemukan fosil banteng dan kudanil purba. Selain itu, warga menemukan fosil gajah serta kura-kura.

Fosil gajah dan kura-kura itu ditemukan di pekarangan rumah Prayitno (55), RT 20 RW 2. Posisinya sekitar 1 kilometer dari lokasi penemuan fosil banteng dan kudanil di lahan milik Ibu Samirin.

"Memang betul ada temuan lain selain di kebun berupa fosil banteng dan kudanil. Ini di pekarangan warga lain, ada fosil gajah serta kura-kura menurut Tim BPCB Jatim," ujar Kasi Sejarah Tradisi dan Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Sugina, kepada detikcom di lokasi, Kamis (6/2/2020).


Fosil gajah itu, kata Sugina, sebagian masih tertanam di tanah. Sedangkan bagian taring telah diamankan pemilik pekarangan.

Fosil yang masih tertanam akan diekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim bersama Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. "Ini sebagian yang fosil gajah masih tertanam dan sebagian lagi sudah retak disimpan pemilik pekarangan. Termasuk fosil kura-kura," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2