Penampakan Bagian-bagian Pesawat TNI AL yang Mendarat Darurat di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 21:36 WIB
Pesawat latih jenis Tobago T 2405 yang melakukan pendaratan darurat di Sidoarjo sudah dievakuasi. Pesawat tersebut dibagi menjadi beberapa bagian.
Evakuasi bagian-bagian pesawat/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Pesawat latih jenis Tobago T 2405 yang melakukan pendaratan darurat di Sidoarjo sudah dievakuasi. Pesawat tersebut dibagi menjadi beberapa bagian.

Pesawat tersebut mendarat darurat di Dusun Ketingan Kelurahan Gebang Kecamatan Kota Sidoarjo pada Senin (3/2) sekitar pukul 13.10 WIB. Pesawat yang dikendalikan dua anggota TNI AL itu akan latihan terbang di Banggil, Pasuruan.

Dalam penerbangan tiba-tiba terjadi gangguan mesin. Pilot Letda (P) Fahmi yang didampingi instruktur Kapten Laut (P) Alfat kemudian memutuskan kembali ke Puspenerbal TNI AL di Juanda. Namun pesawat tersebut akhirnya mendarat darurat di kawasan tambak.

Bagian-bagian pesawat setelah dilakukan pemisahan dalam proses evakuasiBagian-bagian pesawat setelah dilakukan pemisahan dalam proses evakuasi Foto: Suparno


"Proses evakuasi pesawat latih jenis Tobago T 2405 melibatkan 30 personel dari Puspenerbal TNI AL," kata Laksmana Pertama Edwin, Komandan Puspenerbal TNI AL Juanda, Selasa (4/2/2020).

Edwin menambahkan, proses evakuasi juga dibantu masyarakat sekitar. Dalam evakuasi itu, petugas membagi pesawat menjadi beberapa bagian. Selanjutnya bagian-bagian pesawat tersebut diangkut menggunakan perahu milik masyarakat.


"Bagian-bagian dari pesawat latih jenis Tobago T 2405 segera akan dilakukan investigasi di Puspenerbal TNI AL di Juanda, untuk memastikan penyebab matinya mesin pesawat latih itu," sambungnya.

Pantauan detikcom, bagian-bagian pesawat tersebut diangkut dari lokasi jatuh melalui jalur sungai menuju Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Lalu dipindah ke truk milik TNI AL dan dibawa ke Puspenerbal TNI AL di Juanda, Sidoarjo.

(sun/bdh)