Ombudsman Proses Aduan Kasus Zikria Dzatil Hina Risma yang Cacat Hukum

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 20:08 WIB
netizen hina risma
Foto: Istimewa
Surabaya -

Ombudsman RI (ORI) Jawa Timur telah menerima surat laporan pengaduan terkait laporan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Surat aduan itu dilayangkan karena menilai laporan Risma dan penangkapan Zikria Dzatil oleh polisi cacat hukum.

Kepala ORI Perwakilan Jawa Timur Agus Widarta mengatakan pengaduan itu akan segera ditindaklanjuti dengan proses verifikasi. Menurutnya, ada proses verifikasi yang akan dilakukan, yakni formil dan materiil.

"Jadi, kalau ada pengaduan, seperti biasa kami selalu melakukan proses verifikasi. Verifikasi itu ada dua, yakni verifikasi formil dan materiil ditangani oleh unit PVL, Penerimaan dan Verifikasi Laporan," kata Agus kepada detikcom, Selasa (4/2/2020).

Menurutnya, proses formil itu nantinya berkaitan apakah laporan aduan itu sudah tepat atau tidak ke pihaknya dan kelengkapan syarat administrasi. Sedangkan untuk materiil lebih berhubungan dengan substansi yang dilaporkan.

"Formil itu berhubungan apakah pelapor ini berhak mengadu ini kepada Ombudsman. Apakah sudah melampirkan fotokopi KTP dan sebagainya. Itu masalah formil," terangnya.

"Kalau materiil itu berhubungan dengan substansi yang dilaporkan apakah yang dilaporkan ini tentang pelayanan publik atau bukan dan sebagainya," tambah Agus.

Simak video Ombudsman Lapor ke Mahfud Ada Kementerian Tak Patuhi Rekomendasi: