Modus Pria Ini Kelabui Polisi, Sembunyikan Pil Koplo di Kompor Minyak Tanah

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 17:56 WIB
Sembunyikan Pil Koplo di Kompor Minyak Tanah
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Seorang pengedar ribuan pil koplo atau obat keras berbahaya (okerbaya) diamankan. Pelaku menyimpan pil koplo di dalam kompor minyak tanah bekas.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan tersangka Bambang Purwanto (42) warga Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan, Trenggalek ditangkap di rumahnya beserta barang bukti seribu butir pil koplo.

"Penangkapan tersangka ini merupakan pengembangan dari kasus yang terdahulu. Para pelaku yang sebelumnya kami tangkap mengaku jika barang tersebut didapatkan dari tersangka ini," kata AKBP Jean Calvijn, Selasa (4/2/2020) di Polres Trenggalek.

Menurutnya, tim buru sergap akhirnya melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Bambang di rumahnya. Saat dilakukan penggeledahan ia sempat merahasiakan lokasi penyimpanan barang bukti.

Setelah didesak polisi, akhirnya pelaku mengakui dan menunjukkan lokasi penyimpanan barang bukti di salah satu kompor minyak tanah bekas.

"Seribu butir pil koplo itu disimpan di tempat minyak tanahnya atau pada bagian paling bawah dari kompor," ujarnya.

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan tersangka mengaku mendapatkan pasokan pil koplo dari pelaku lain berinisial IT yang kini masih buron.

"IT adalah pemasok pil koplo jaringan Trenggalek dan Tulungagung. Kami masih melakukan pengejaran," imbuhnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kini tersangka diamankan polisi di Polres Trenggalek dan dijerat pasal pasal 197 jo pasal 106 ayat (1) subs pasal 196 jo pasal 98 ayat (2) dan (3) UU RI 36/2009 tentang Kesehatan.

(fat/fat)