Pemeriksaan Saksi Kasus MeMiles Rampung, Ibu Ari SIgit Tak Jadi Diperiksa

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 14:12 WIB
Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan
Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus investasi bodong MeMiles disebut telah rampung. Namun, Ibunda Ari Haryo Wibowo Harjojudanto atau Ari Sigit, Ilsye A Rahmawati tercatat belum diperiksa.

Saat dikonfirmasi, Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan mengatakan hingga kini keterangan yang dikumpulkan pihaknya telah cukup. Kemungkinan besar, Polda Jatim tak jadi memeriksa Ilsye.

Selain itu, Gidion menyebut Ilsye bergabung atas ajakan dari istri Ari Sigit, Frederica Francisca Callebaut. Sementara, Rika Callebaut juga telah diperiksa dan hasil pemeriksaannya telah dirasa cukup.

"Keikutsertaan ibunda beliau (Ari Sigit) itu kan direkrut oleh si Rika Callebaut jadi menurut kami itu penyidikan cukup menggunakan keterangan Bu Rika," kata Gidion di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (4/2/2020).

Tak hanya itu, Gidion memaparkan keterlibatan Keluarga Cendana berawal dari keikutsertaan Rika Callebaut menjadi member. Kemudian, Rika mengajak Ibu Mertuanya Ilsye dan suaminya Ari Sigit.

"Cendana itu kan direkrut. Jadi pertama kenalannya sih Rika, lalu ikut kemudian dapat mobil, dia semakin yakin tariklah keluarga-keluarganya termasuk si Mas Ari Sigit," ungkap Gidion.

Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan keterangan saksi yang dibutuhkan pihaknya telah cukup. Berkas Kasus Investasi Bodong MeMiles ini pun siap dikirim ke kejaksaan dalam pekan ini.

"Sudah rencananya diserahkan minggu ini gitu, kan masih berkembang terus kita lakukan penyidikannya. Saksi untuk sementara ini maksimal sudah cukuplah untuk saksi, menguatkan kepada tersangka tersangka ini sudah cukup. Cuma yang kami terus kembangkan adalah penyelamatan aset," papar Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (4/2/2020).

Simak Video "Siti Badriah Tegaskan Hanya Isi Acara di MeMiles"

[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)