Penjualan Satwa Dilindungi Senilai Rp 1,5 M Digagalkan

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 11:19 WIB
penjualan satwa dilindungi digagalkan
Komplotan penjual satwa dilindungi dibekuk (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Polisi menggagalkan penjualan satwa dilindungi yang diperjualbelikan bebas di pasaran. Ratusan satwa ini dijual dengan harga bervariasi dengan total penjualan mencapai Rp 1,5 miliar.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan pihaknya mengamankan dua kelompok yang terdiri atas lima tersangka. Satu kelompok memperjualbelikan burung dan kelompok lainnya menjual berbagai jenis kerang yang dilindungi melalui sistem online di dalam dan luar negeri.

"Mengenai pelestarian alam dan ekosistemnya, di mana ada flora dan fauna, pada hari ini kami merilis dan mengamankan lima tersangka. Ini ada dua kelompok yang satu pemain burung satwa langka dan satunya pemain kerang," papar Luki di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (4/2/2020).

Luki mengatakan kelima tersangka adalah Feri Subangi (30), warga Dusun Sumurwarak, Purworejo, Ngunut, Tulungagung; Ahmad Saifudin (28), warga Sukowetan, Karangan, Trenggalek; Dadang Andri Krisbiantoro (36), warga Rebobarong, Ngunut, Tulungagung; M Sahalal Marzuki (30), warga Dusun Pati, Purworejo, Ngunut Tulungagung; dan satu tersangka lain berinisial IS (43), yang merupakan residivis kasus serupa pada 2008.

"Pemain kerang ini (IS) sebelumnya juga residivis, pernah menjalani hukuman 6 bulan," imbuh Luki.

Simak Video "Ayam Bertelur Mini, Semarang"

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2