Jatim Hari Ini: Kasus Zikria Hina Risma hingga soal Pemakaman Gus Sholah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 22:10 WIB
Polisi akhirnya menampilkan Zikria netizen penghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
Zikria, netizen penghina Wali Kota Risma (memakai masker)/Foto file: Amir Baihaqi

Momen Ribuan Santri Tebuireng Berebut Pegang Keranda Jenazah Gus Sholah

Ribuan santri berebut memegang keranda jenazah KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Tak pelak sempat terjadi saling dorong saat jenazah Pengasuh Ponpes Tebuireng itu dibawa ke masjid pesantren untuk disalati.

Jenazah Gus Sholah tiba di Ponpes Tebuireng, Jalan Irian Jaya, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang sekitar pukul 13.00 WIB. Jenazah adik kandung Gus Dur itu langsung disemayamkan di Dalem Kasepuhan atau kediaman Gus Sholah di sebelah utara masjid pesantren.


Sekitar 30 menit setelahnya, yaitu pukul 13.30 WIB, jenazah dikeluarkan dari Dalem Kasepuhan. Berbeda dengan saat tiba, kali ini keranda jenazah Gus Sholah dibalut kain hijau yang bertuliskan kalimat tauhid dan Rukun Kematian Tebuireng Utara.

Keranda berisi jenazah Gus Sholah ini sempat menjadi rebutan ribuan santri yang sudah menanti di jalan masuk ke Dalem Kasepuhan. Mereka berebut untuk memegang keranda tersebut. Akibatnya, saling dorong pun terjadi.

Jenazah Gus Sholah akhirnya bisa masuk ke dalam masjid yang dipenuhi ribuan santri. Di dalam masjid, jenazah tokoh HAM Indonesia itu langsung disalati. Salat jenazah dibagi menjadi dua gelombang karena saking banyaknya pelayat dan para santri.

Halaman

(sun/bdh)